Hyperlink
disusun dari dua kata, yaitu hyper dan link. Hyper memiliki arti banyak,
sedangkan link diartikan sebagai hubungan. Jadi hyperlink bisa diartikan
hubungan yang banyak. Pada aplikasi Microsoft Office PowerPoint, maka hyperlink
diartikan sebagai media presentasi yang dapat memberikan kemudahan
menghubungkan sebuah file yang berbeda atau menghubungkan banyak slide-slide
pada satu file PowerPoint sehingga tampil dengan cepat, yang memberikan
kemudahan tanpa secara tradisional mencari file atau slide yang ingin dilihat
tersebut.
B. Fungsi Hyperlink
Fungsi hyperlink, yaitu:
1. Hyperlink antar file (dari file jenis PowerPoint ke file lain)
2. Hyperlink dalam satu file (hyperlink jenis ini menghubungkan antar slide di PowerPoint)
C. Cara Menggunakan Hyperlink
1. Buatlah sebuah tombol dengan shapes untuk membuat hyperlink
2. Pada Microsoft PowerPoint 2013, pilih menu Insert >> Shapes >> Pilih shapes sesuai dengan keinginan
3. Lalu klik tombol yang telah dibuat, pilih menu Insert >> Hyperlink
4. Jika ingin menggunakan cara lain maka dapat memilih menu Insert >> Action
D. Contoh Penggunaan Hyperlink
Langkah-langkah membuat hyperlink, yaitu:
1. Buka Microsoft PowerPoint 2013
2. Buat 5 buah slide baru beri judul di setiap slide sebagai berikut:
Slide 1 : Menu Utama
Slide 2 : Materi
Slide 3 : Evaluasi
Slide 4 : Kompetensi
Slide 5 : Tentang
3. Buat tombol di slide 1 untuk membuat hyperlink ke slide-slide yang lain dengan cara pilih menu Insert >> Shapes >> Rounded Rectangle
4. Lalu beri nama setiap tombol sesuai dengan fungsinya
6. Pada tab Mouse Click pilih pada hyperlink to: pilih slide
7. Pada menu Hyperlink To, pilih slide yang diinginkan. Jika tombol materi yang ingin diberi action maka di Hyperlink To Slide pilih slide Materi
8. Setelah selesai klik Ok
Download File Klik Disini
E. Membuat Slide Master
Untuk memudahkan agar tombol-tombol yang telah dibuat hyperlink di slide pertama dapat secara otomatis tampil di slide yang lainnya maka dapat digunakan slide master. Adapun langkah-langkahnya yaitu:
1. Pilih semua tombol kemudian Copy tombol-tombol tersebut
2. Masuk ke slide master dengan cara pilih menu View >> Slide Master
3. Pada slide master nomor 1 klik tombol Paste (copy paste ke dalam slide master)
4. Setelah tercopy dengan sempurna klik tombol Close Master View
5. Secara otomatis semua tombol akan tampil di semua slide, baik yang sudah ada maupun yang baru.
F. Menonaktifkan Fungsi Mouse dan Keyboard di PowerPoint
Slide selain berpindah karena klik mouse juga bisa berpindah karena menekan tombol keyboard. Dalam sebuah media pembeajaran interaktif hal tersebut perlu dihindari maka matikan fungsi mouse dan keyboard dalam navigasi slide dengan cara sebagai berikut:
1. Klik pada Slide Show >> Set Up Show. Pada Show Type centang Browses at a Kiosk (full screen)
2. Setelah semua navigasi menggunakan klik mouse dan keyboard dimatikan perlu juga membuat tombol Close dari menu Insert >> Shapes untuk keluar dari slide show PowerPoint. Setelah tombol dibuat lalu beri action dengan memilih Hyperlink to : End Show
3. Klik tombol Ok
Download Video Klik Disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar